Inilah 7 Provinsi Paling Mendukung Investasi

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan menyebutkan, ajang Investment Award 2011 diselenggarakan sebagai upaya untuk mendorong pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan terbaik di bidang penanaman modal. Dalam Investment Award tahun ini, BKPM memberikan penghargaan bagi 7 provinsi terbaik bidang penanaman modal (regional champions), serta 3 kabupaten dan 3 kota sebagai penyelenggaran Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di bidang yang sama.

“Untuk meningkatkan penanaman modal di berbagai daerah, kami menyadari bahwa tingkat kesulitan dan tantangan di setiap daerah berbeda. Sehingga pendekatan perbaikan iklim penanaman modal yang terkait di daerah juga berbeda,” ujar Gita, dalam acara Investment Award 2011, di Jakarta, Rabu (12/10/2011). Ia menyebutkan ajang ini sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mendorong daerah memberikan pelayanan terbaik dalam bidang penanaman modal.

Tahun ini, BKPM melakukan penilaian terhadap 26 provinsi, di luar 7 provinsi yang telah ditetapkan sebagai regional champions tahun lalu, yaitu Riau, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Papua. Tahun ini, setelah dilakukan penilaian kualitatif dari pengumpulan data di lapangan berdasarkan sejumlah indikator kesiapan suatu daerah, maka diperoleh 10 provinsi yang masuk nominasi.

Dari 10 provinsi tersebut, sebanyak 7 provinsi, yaitu Provinsi Aceh, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Sumatera Barat. Sementara itu, Kabupaten Rokan Hulu (Riau), Indragiri Hulu (Riau), dan Ogan Komering Ilir (Sumatera Selatan) merupakan 3 kabupaten yang terpilih menjadi penyelenggara PTSP di bidang penanaman modal terbaik.

Sedangkan, Kantor Pelayanan Perizinan Kota Pare-pare (Sulawesi Selatan), Kantor Pelayanan Terpadu Kota Dumai (Riau), dan Kantor Pelayanan Perizinan Kota Surakarta terpilih menjadi penyelenggara PTSP di bidang penanaman modal kota terbaik tahun ini.

Gita pun menambahkan, dalam rangka meningkatkan penanaman modal di daerah perlu didorong adanya investasi yang signifikan. Pertumbuhan investasi tersebut akan menjadi motor peningkatan perekonomian di daerah.

“Oleh karena itu, untuk jangka menengah dan panjang seluruh daerah harus aktif untuk mempromosikan potensi investasi daerahnya secara lebih fokus dan memberikan pelayanan terbaik,” harap Gita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s