Ayam Lepas, Rasa Khass… Harga Pas!!!

Taste
Menu ayam memang cukup diminati berbagai kalangan. Berbagai olahan dan variasi masakan ayam menjadi menu yang mudah ditemui dari kelas warung hingga restoran salah satunya café Ayam Lepas di Jalan Brig. Katamso. Menu ayam ala café ini menawarkan sensasi pedas namun dengan citarasa mantap yang pas.

Nama ayam lepas sendiri diambil berdasarkan rasa dari ayamnya yaitu lezat dan pedas. Selain nama dari tempat yang cukup unik jika dibandingkan cafe sejenis  pada umumnya, ada berbagai macam olahan makanan yang ditawarkan di tempat ini, mulai dari ayam goreng, bebek, lele, burung puyuh, yang disajikan bersama sayur seperti timun, kol serta selada,  dan juga dilengkapi dengan sambel juga dihadirkan oleh resto yang memakai  konsep warna merah pada desain ruangannya ini. Namun dari kesemuanya itu  ayam lepas merupakan menu khas yang sangat digemari oleh pengunjung, karena dagingnya yang begitu lembut  juga ditambah keharuman dari  aroma daging yang diolah dengan bumbu rahasia  dapur . Yang pasti menu ini  sangat menggoda selera bagi yang mencicipinya.

Bukan hanya itu saja 3 pilhan rasa dari sambalnya  juga patut menjadi bahan pertimbangan bagi para penikmat kuliner sejati , ada sambal lemas, lepas, dan kecap. Kalau dilihat sekilas bentuk dari sambalnya memang hampir  sama pada kebanyakan sambal ayam penyet pada umumnya,  akan tetapi rasa yang berbeda bisa kita dapatkan ketika mulai mencicipi olahan dari sambalnya.

Sambal lemas
Sambel lemas merupakan singkatan dari lezat dan manis. Sama  seperti  namanya rasa manis dan pedas begitu kental terasa ketika kita mulai mencocol  sambalnya , dengan menggunakan minyak yang berkualitas serta gula merah sebagai pemanis rasanya. Sambal  yang lebih banyak mengandung elemen cabe merah sebagai bahan dasarnya tersebut pun disajikan, bagi para penikmat kuliner yang tidak begitu menyukai rasa pedas, sambal lemas bisa dijadikan alternatif sebagai pendamping ayam lepas.

Sambal  kecap
Bukan ayam lezat dan pedas “lepas” namanya kalau hanya ditawarkan rasa sambal yang manis saja. Bagi para pencinta masakan pedas coba dan rasakan sensasi pedas yang nendang pada olahan sambel lepas dan kecapnya, kalau biasa  yang namanya sambel kecap itu lebih terasa manis daripada pedas, maka rasa yang berbeda dihadirkan oleh resto yang memakai konsep semi modern pada arsitektur bangunannya ini. Rasa pedas yang sangat mengigit serta wangi dari bawang goreng sangat kental  terasa ketika mulai mencicipi sambal yang memakai bahan dasar cabe rawit ini. Benar-benar mantap!

Sambal Lepas
Walaupun memakai bahan dasar yang sama seperti pada sambal kecapnya, ada keunikan yang berbeda dari sambel lepas ini. Kalau pada sambel lemas rasa manisnya yang terpancar maka, pada sambel ini rasa asem langsung menyengat ketika kita mulai mencobanya, membuat kita ingin menikmatinya lagi dan lagi.

Tidak hanya sambal yang membuat cita rasa makanan dari resto yang mulai buka pada awal tahun 2010 di Banda Aceh ini semakin membuat penasaran, tapi juga kremes dari ayamnya, yang membuatnya berbeda terletak pada aromanya kalau pada kremes ayam penyet kebanyakan, kremesnya langsung diambil ketika ayamnya selesai digoreng, kriuknya digoreng terpisah serta adonan untuk membuat kremes dan dagingnya tidak sama sehingga wangi dari kremesnya lebih terasa di mulut ketika kita mencobanya. Wangi dari aroma kremesnya merupakan olahan dari bumbu rahasia dapur yang diciptakan sendiri agar mendapatkan nuansa yang berbeda ketika pertama kali menikmatinya.

Kesan pertama yang penulis dapatkan ketika memasuki ruang makan di cafe ini adalah pelayanannya yang ramah, terlihat pelayan-pelayan yang mengenakan seragam merah menyapa pelanggan dengan ramah, bahkan kinerja mereka juga patut diacungi jempol, sebab tidak terlihat adanya pelanggan yang berleha-leha, semua terlihat sibuk, bahkan pelanggan yang baru meninggalkan meja makan akan segera dibersihkan meja makannya oleh pelayan sehingga kesan bersih dan rapi tetap didapatkan disini.

Pelayan juga tidak sombong untuk menjelaskan tentang menu-menu ketika ditanyakan oleh pelanggan, bahkan ketika ada pelanggan yang meminta tambahan alat makan, pelayan akan segera memberikannya.

Price

Sungguh sulit dipercaya, cafe dengan tampilannya yang memukau ternyata memiliki menu-menu dengan harga yang sangat bersahabat, awalnya penulis mengira harga menu masakannya pasti mahal, ternyata masih bersahabat dengan kantung kita, harga seporsi menu berkisar Rp.10.000,- hingga Rp.15.000,-, bukan harga yang terlalu mahal bukan?

Spot

Cafe yang berlokasi di jalan Brig. katamso tidak pernah sepi dari pengunjung, walaupun merupakan cafe dengan umur yang masih sangat muda, hal ini dikarenakan selain makanan yang lezat dan pelayanan yang ramah, ruang makan yang tersedia juga cukup luas yaitu berukuran dua buah ruko, lengkap dengan meja dan kursi yang tertata sehingga terkesan sangat luas dan rapi.

Cafe ini juga memiliki area parkir yang cukup luas, sehingga para pelanggan yang datang tidak perlu pusing untuk mencari lokasi parkir, apalagi disini dijaga oleh pihak pengelola perparkiran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s