Ayam Lepaas Rasanya Mantabbbb


Foto: Ayam Lepas Mantapnya Pas
Menu ayam memang cukup diminati berbagai kalangan. Berbagai olahan dan variasi masakan ayam menjadi menu yang mudah ditemui dari kelas warung hingga restoran salah satunya café Ayam Lepas milik Hedi Hamgerga Siagian di Jalan HM Joni. Menu ayam ala café ini menawarkan sensai pedas namun dengan citarasa mantap yang pas.
Ayam menjadi  makanan yang go international. Berbagai variasi dan olahan yang beraneka ragam tercipta dari bahan tersebut seperti  ayam bakar, penyet, goreng dan banyak macam  lainnya yang pasti menggoyang lidah anda. Café Ayam Lepas yang beralamat di Jalan H M  Joni no 57 A Medan ini, memang berbeda dari kebanyakan café  yang menjajakan ayam penyet pada umumnya. Salah satu perbedaan adalah pada nama yang dicantumkan di pamflet café tersebut. “

Nama ayam lepas sendiri diambil berdasarkan rasa dari ayamnya yaitu lezat dan pedas,” ungkap Hedi Hamgerga Siagian kepada MedanBisnis saat ditemui beberapa hari yang lalu
Selain nama dari tempat yang cukup unik jika dibandingkan café sejenis  pada umumnya, ada berbagai macam olahan makanan yang ditawarkan di tempat ini, mulai dari ayam goreng, bebek, lele, burung puyuh, yang disajikan bersama sayur seperti timun, kol serta selada,  dan juga dilengkapi dengan sambel , tidak hanya itu beberapa jenis masakan  mulai dari cah kangkung, toge, bunga kol juga dihadirkan oleh resto yang memakai  konsep warna merah pada desain ruangannya ini. Namun dari kesemuanya itu  ayam lepas merupakan menu khas yang sangat digemari oleh pengunjung, karena dagingnya yang begitu lembut  juga ditambah keharuman dari  aroma daging yang diolah dengan bumbu rahasia  dapur . Yang pasti menu ini  sangat menggoda selera bagi yang mencicipinya.

Bukan hanya itu saja 3 pilhan rasa dari sambalnya  juga patut menjadi bahan pertimbangan bagi para penikmat kuliner sejati , ada sambal lemas, lepas, dan kecap. Kalau dilihat sekilas bentuk dari sambalnya memang hampir  sama pada kebanyakan sambal ayam penyet pada umumnya,  akan tetapi rasa yang berbeda bisa kita dapatkan ketika mulai mencicipi olahan dari sambalnya.

Sambal lemas
Menurut penuturan pria  berdarah Batak ini, sambel lemas merupakan singkatan dari lezat dan manis. Sama  seperti  namanya rasa manis dan pedas begitu kental terasa ketika kita mulai mencocol  sambalnya , dengan menggunakan minyak yang berkualitas serta gula merah sebagai pemanis rasanya. Sambal  yang lebih banyak mengandung elemen cabe merah sebagai bahan dasarnya tersebut pun disajikan, bagi para penikmat kuliner yang tidak begitu menyukai rasa pedas, sambal lemas bisa dijadikan alternatif sebagai pendamping ayam lepas.

Sambal  kecap
Bukan ayam lezat dan pedas “ lepas” namanya kalau hanya ditawarkan rasa sambal yang manis saja. Bagi para pencinta masakan pedas coba dan rasakan sensasi pedas yang nendang pada olahan sambel lepas dan kecapnya, kalau biasa  yang namanya sambel kecap itu lebih terasa manis daripada pedas, maka rasa yang berbeda dihadirkan oleh resto yang memakai konsep semi modern pada arsitektur bangunannya ini. Rasa pedas yang sangat mengigit serta wangi dari bawang goreng sangat kental  terasa ketika mulai mencicipi sambal yang memakai bahan dasar cabe rawit ini. Benar-benar mantap!

Sambal Lepas
Walaupun memakai bahan dasar yang sama seperti pada sambal kecapnya, ada keunikan yang berbeda dari sambel lepas ini. Kalau pada sambel lemas rasa manis nyayang terpancar maka, pada sambel ini rasa asem langsung menyengat ketika kita mulai mencobanya, membuat kita ingin menikmatinya lagi dan lagi.

Tidak hanya sambal yang membuat cita rasa makanan dari resto yang mulai buka pada awal tahun 2010 di Banda Aceh ini semakin membuat penasaran, tapi juga kremes dari ayamnya, yang membuatnya berbeda terletak pada aromanya kalau pada kremes ayam penyet kebanyakan, kremesnya langsung diambil ketika ayamnya selesai digoreng, tapi pada resto yang mempunyai 11 cabang di berbagai daerah di Indonesia ini, kriuknya digoreng terpisah serta adonan untuk membuat kremes dan dagingnya tidak sama sehingga wangi dari kremesnya lebih terasa di mulut ketika kita mencobanya.”Wangi dari aroma kremesnya merupakan olahan dari bumbu rahasia dapur yang kami ciptakan sendiri agar mendapatkan nuansa yang berbeda ketika pertama kali menikmatinya” tegas pria asal Medan tersebut.

Pedasnya ayam pasti bakal reda jika dilancarkan dengan meminum air  yang hangat, tapi bagaimana kalau kita melawannya dengan minum air dingin – kalau biasanya rasa pedas itu akan bertambah akan tetapi , semuanya itu tidak berlaku jika kita memesan es yang satu ini, minuman yang terbuat dari  air asem jawa ini juga merupakan salah satu minuman khas dari resto yang bisa menjual 200 potong ayam pada hari sabtu dan minggu ini, dan katanya merupakan satu – satunya minuman yang hanya terdapat di resto tersebut dan belum ada di tempat lain  di kota Medan lho.

“Kalau biasanya orang tahunya tamarin itukan permen maka kami mencoba membuat suatu yang berbeda  dari minuman lainnya, minuman ini sangat pas jika dinikmati bersama ayam lepas, ya sebagai penetralisir dari rasa pedas ayam,”  ujar Hedi promosi.

Pria yang telah menggeluti duina kuliner selama 4 tahun ini juga menambahkan, untuk urusan harga satu porsi ayam lepas dan es tamarin di jual dengan harga  Rp 15.000 /paketnya jika makan di tempat. Silakan datang dan rasakan sensasi pedas yang berbeda. (cw  wiwik handayani)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s