Ayam Lepaas Masuk Kota

ayam_lepas

Ketika kita mendengar ada ayam lepass, pemikiran kita pasti tertuju pada ayam yang terlepas dari kandangnya, kemudian orang beramai-ramai mengejar berusaha menangkap si ayam tersebut. Ayam lepaas yang dimaksud bukan yang itu tetapi yang lagi penulis bicarakan? disini adalah salah satu kedai makan yang ada di Jalan Raya Kalimalang Bekasi, sesudah Universitas Gunadarma sebelum Rumah Sakit Global.

Uniknya ya namanya, saat penulis mengunjungi tempat tersebut pembeli luar biasa banyaknya, sampai-sampai untuk dapat tempat duduk saja harus mengantri, jadi makin penasaran seperti apa rasa ayam lepas tersebut. Setelah menunggu beberapa menit akhirnya dapat tempat duduk, saat di sodorkan menu masakan terlihat tidak terlalu istimewa, lauk utama hanya terdiri atas tiga pilihan: Ayam, Burung dan Ikan Lele, paket (Nasi, Lauk, ?Lalap, Sambal) harganya Rp 14.000,- non paket (Lauk, Lalap, Sambal) harganya Rp 12.000,- mmm… harga standar ya tidak terlalu mahal juga, disamping itu ada beberapa menu sayur khas nusantara seperti cah kangkung, tempe, tahu, toge, brokoli ?dan beberapa sayur lainnya.? Sayapun tertarik untuk memesan paket ayam, paket ayam ada dua pilihan ayam lepas dan ayam lemas. Bedanya apa? Kalau ayam lepas sambelnya super pedas sementara yang lemas sambelnya agak manis, saya pesan yang lepas saja.

Setelah menu disajikan sayapun tak sabar ingin mencobanya, seperti apakah rasa ayam lepas tersebut, ternyata rasanya memang unik, empuk, lunak sampai tulang-tulangnya pun dapat dimakan, sambalnya pun terasa nikmat dengan aroma-aroma terasi yang lumayan pedas, mantap rasanya, sampai-sampai saya harus nambah satu porsi nasi lagi hihihi…

Kedai Ayam Lepas identik dengan slogan “Pertama Di Dunia”, bagi penulis ini sangatlah wajar karena memang cara olahan lauknya sedikit beda dari yang lainnya. Apa yang beda? yang paling mencolok adalah tepungnya, karena tepung yang dipergunakan seperti rasa tepung untuk membuat rempeyek ikan atau kacang, balutannya tidak terlalu banyak, jadi ayam tersebut terlihat besar ya memang karena besar ?dari segi ukuran bukan karena tumpukan tepung? yang suka kita rasakan di restoran-restoran cepat saji, rasanya pun nusantara banget apalagi sambalnya beda dari kebanyakan sambal di tempat lain.

Bila kita ingin pesan untuk di bungkus, disini juga mempunyai cara yang unik, kita tidak bisa langsung pesan pada saat kita makan, ada tempat khusus, kita harus mengambil nomor urut, setelah itu kita serahkan nomor antrian kita, baru mereka proses? untuk dibuatkan menunya. Oke, setiap lidah masing-masing orang pastinya berbeda, enak bagi saya belum tentu enak bagi anda, tetapi kalau anda pecinta kuliner alangkah bagusnya ada mencoba masakan yang satu ini, Selamat Mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s